1 Abo und 0 Abonnenten

Golongan Yang Dinaungi Allah SWT

Golongan Yang Dinaungi Allah SWT

7 Gol. Yang Dinaungi Allah

Dalam Nashoibul 'Ibad, karya Syaikh Nawawi Al Bantani, terdapat hadits yang membicarakan golongan-golongan yang selalu dinaungi oleh Allah hingga hari kiamat kelak. Siapa yang tidak ingin berada selalu di dalam naungan Allah SWT ? Tentu hadits ini menjadi harapan bagi kita untuk memperbaiki diri. Meski bukan perkara yang mudah untuk mencapainya, namun setidaknya muncul keinginan dalam diri kita untuk menjadi bagian dari golongan tersebut .
Lantas, siapa saja golongan-golongan itu ? Mari kita simak hadits berikut ini :

سَبْعَةُ نَفَرٍ يُظِلُّهُمُ اللهُ تَحْتَ ظِلِّ عَرْشِهِ يَوْمَ لَاظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ اِمَامٌ عَادَلٌ وَشَابٌ نَشَأَ فِى عِبَادَة ِاللهِ تَعَالَى وَ رَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَا ضَتْ عَيْنَاهُ دَمْعًا مِنْ خَشْيَةِ اللهِ وَ رَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ بِاْلمَسْجِدِ اِذَاخَرَجَ حَتَّى يَعُوْدَ إِلَيْهِ وَ رَجُلٌ تَصَدَّ قَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا فَلَمْ تَعْلَمْ شَمَالَهُ مَاصَنَعَتْ بِيَمِيْنِهِ وَ رَجُلَانِ تَحَابَّا فِى اللهِ فَاجْمتَمَعَاعَلَى ذَلِكَ وَافْتَرَقَا عَلَيْهِ وَ رَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَ ةٌ ذَاتَ إِلَى نَفْسِهَافَاَبَى وَقَالَ : إِنِّى أَخَافُ اللهَ تَعَالَى .


Artinya : Hadits ini diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., beliau berkata, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda sebagai berikut :




"Ada tujuh golongan yang selalu di bawah naungan Allah SWT, tepat berada di bawah naungan `Arsy-Nya hingga ketika pada hari yang tidak ada lagi naungan melainkan naungan Allah SWT, mereka adalah :
1. Pemimpin yang Adil,
2. Pemuda yang punya kemauan selalu taat kepada Allah SWT.
3. Orang yang suka berdzikir menyebut nama Allah SWT di tempat yang sepi hingga menangis disebabkan rasa takut kepada Allah.
4. Orang yang hati dan jiwanya selalu rindu pada masjid, jika ia keluar dari masjid maka segera ia akan kembali lagi.
5. Orang yang suka bersedekah secara rahasia, sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.
6. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul dan berpisah karena Allah
7. Laki laki yang diajak berzina oleh perempuan cantik, tapi ia menolaknya dan mengatakan, "Aku benar-benar takut kepada Allah SWT"
Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang tersebut dalam hadits di atas dan semoga hadits tersebut menjadi bahan bakar yang memacu kita untuk selalu meningkatkan ketaatan setiap hari. Amiiin.
Referensi : Nashoibul Ibad, Syaikh Nawawi Al Bantani
Penulis : Tim Sarkub

http://www.sarkub.com/golongan-yang-dinaungi-allah-swt/